PRODUCT AND
SERVICE
Nutcracker memiliki 3 layanan jasa yaitu event organizer (EO), advertising, dan public relations (PR). Dimana ketiga bagian tersebut akan
berkontribusi dan bersinergi dalam pengeksekusian sebuah project hingga meraih hasil yang maksimal. Dalam setiap layanannya Nutcracker memiliki penjelasan yang lebih
detail yaitu:
1. Event Organizer
Event
organizer adalah istilah untuk penyedia
jasa profesional penyelenggara acara. Pada dasarnya, tugas dari EO ialah membantu
klien untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan. Penggunaan jasa bisa
jadi karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien atau karena
klien percaya bahwa hasil dari penyelenggaraan yang dilakukan EO akan lebih
bagus dan memuaskan dalam implementasinya.
Event
organizer (EO) merupakan organisasi yang di dalamnya terdapat
sekumpulan orang yang memiliki andil dalam menyelenggarakan sebuah acara
kreatif dengan fungsi dan peran masing-masing dari perencanaan hingga acara
berakhir.
Detail:
- Memberikan layanan
konsultasi dekorasi serta konsep secara menyeluruh untuk membantu klien dalam
menemukan solusi secara inovatif.
- Membuat acara yang
dikehendaki klien menjadi menarik dan unik dengan sentuhan keceriaan yang
diberikan Nutcracker.
- Melakukan dekorasi serta
implementasi konsep yang telah disepakati saat acara berlangsung.
- Mewujudkan apa yang digambarkan klien mengenai
acara yang akan di selenggarakan secara menyeluruh dengan maksimal.
- Mengkontrol susunan acara dan seluruh elemen saat acara
berlangsung.
- Memikirkan dan melakukan adaptasi plan B untuk antisipasi segala kemungkinan yang ada sesuai dengan
kehendak klien.
- Menjadi acuan event organizer yang kreatif dan tepat konsep sehingga memuaskan
klien.
- Mengatur perizinan terkait venue dan kelangsungan acara yang dibutuhkan demi kelancaran dan
kenyamanan bersama.
Banyaknya
permintaan dari perusahaan ataupun perorangan untuk menangani acara saat ini
mendorong munculnya beragam lembaga di bidang event organizer. Kemudahaan yang ditawarkan oleh event organizer kini berubah menjadi
semacam kebutuhan. Kapan saja sebuah lembaga, perusahaan ataupun personal
menginginkan terselenggaranya acara, maka event
organizer menjadi solusi yang paling mudah, dengan kata lain kehadirannya
sangat mempermudah segala kegiatan. Kinerja event
organizer yang profesional tentunya sangat membantu pengguna jasa untuk
mewujudkan ide-ide penyelenggaraan event
secara kreatif.
Bentuk: Business Strategic Communications, Birthday Party,
Halloween Party, Gathering Reunion, Valentine Days, Anniversary, Engagement
Day, Wedding Organizer, Seminar Organizer etc.
Ide Dekorasi:
· Tema
Warna: Pada tema ini seluruh komponen dalam acara akan disesuaikan dengan warna
yang dipilih oleh klien sebagai tema warna dari dekorasi yang diinginkan.
· Polkadot/Stripes: Tidak jauh berbeda dengan tema
warna, dekorasi acara klien akan dihiasi oleh komponen-komponen yang terpadu
dengan motif polkadot ataupun stripes
sesuai dengan permintaan.
· Vintage: Motif yang biasa
digambarkan dengan motif bunga-bunga berwarna feminine serta pudar, simple.
· Retro:
Tema didominasi dengan warna terang, gemerlap yang terkombinasi, contoh:
dekorasi PopArt
· Karakter:
Memasukan ciri khas karakter terkenal pilihan klien ke dalam dekorasi sehingga
terasa seperti melihat karakter terpilih tetapi dalam konteks yang berbeda.
· Country: Setiap Negara memiliki
budaya dan hal-hal menarik yang dapat diterapkan ke dalam sebuah ide dekorasi.
Hal tersebut menginspirasi kami untuk dapat mengimplementasikan hal tersebut
dengan komponen-komponen acara yang berbau suatu kekhasan Negara yang dipilih
klien.
Ilustrasi:
Klien memilih warna pastel sebagai mayor
warna pada tiap komponen maka kami akan mendekor acara dengan balon, bendera,
taplak atau alas meja yang berwarna merah muda, biru langit, cream dan
sebagainya. Kami akan mencarikan dan mendekorasi acara dengan komponen menarik
dengan tema tersebut.
Keterangan: ketersediaan komponen dihubungi selanjutnya.
(Misal: Balon – Hitam – Polkadot, akan dihubungi secepatnya mengenai stock barang)
2. Public Relations
Public relations adalah
salah satu dari elemen penting dalam kegiatan marketing mix dan lebih spesifik termasuk dalam komponen promotion mix. Bagi seorang pebisnis atau
pemilik perusahaan menggunakan strategi promosi campuran pada bagian public relations sangatlah penting dalam
membangun citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luas
terhadap perusahaan yang bersangkutan. Pengertian public relations secara garis besar adalah strategi perusahaan
untuk membangun hubungan baik dengan publik agar mendapatkan opini yang positif
dari masyarakat sekitar.
Dalam hal ini Nutcracker memberikan
jasa pelayanan public relations
meliputi pengembangan promosi bisnis melalui beberapa strategi yaitu
pengembangan media online, media
cetak, strategi penjualan, hingga branding perusahaan dan produk itu
tersendiri. Selain melakukan berbagai pengembangan dari segi media dan berbagai
aspek secara nyata, Nutcracker juga turut melakukan riset pasar terhadap produk
klien melalui penelitian dan kuisioner yang dibagikan kepada target audiens
guna mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan atau ekspektasi
klien. Penelitian atau riset ini juga ditujukan untuk menjadi panduan bagi
Nutcracker untuk mengambil langkah yang tepat dalam mengambil keputusan pengembangan
bisnis.
Nutcracker juga menyadari
pentingnya peranan media online dalam
kemajuan bisnis pada era modern ini terutama pada perilaku masyarakat yang
sangat konsumtif dalam hal media, hal ini tentu menjadi keuntungan yang sangat
signifikan dari segi kepentingan promosi bisnis. Perlombaan yang dilakukan
secara online dan berbagai ide
kreatif dilakukan untuk memajukan penjualan serta branding secara kreatif dan bersifat out of the box guna mendapatkan outcome
yang positif dari masyarakat luas dan menjadi pelopor sesuatu hal yang baru
dan fresh di dalam industri bisnis tersebut.
3. Advertising
Advertising merupakan suatu bentuk
komunikasi berbayar dengan tujuan mengajak, membujuk, mempengaruhi,
memperkenalkan dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna
(konsumen) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.
Advertising (promosi) pada umumnya mencakup nama produk atau layanan
serta bagaimana produk dan layanan tersebut dapat memberikan manfaat bagi
pembeli dalam rangka mengajak calon pembeli yang memiliki potensial untuk
membeli atau mengkonsumsi produk tertentu. Advertising
tidak akan pernah lepas dari ide kreatif, karena dari ide ini lah suatu iklan
menjadi bernilai dan menarik atau memiliki arti tersendiri di mata masyarakat
maupun konsumen. Advertising
menyediakan jasa pembuatan konsep, percetakan serta penempatan iklan, tergantung
dari jenis usaha yang dimiliki.
Detail:
- Memberikan layanan konsultasi berupa ide design atau konsep periklanan yang
kreatif dan inovatif untuk membantu klien dalam mencapai target konsumennya.
- Mewujudkan apa yang digambarkan klien mengenai design periklanan yang diinginkan dengan
maksimal.
- Menyediakan layanan design
media atau alat promosi seperti sticker,
pin, poster, flyer, spanduk dan x-banner dengan ukuran yang sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan klien.
- Mewujudkan design
dari masing-masing media promosi yang dikehendaki klien dengan maksimal.
Perkembangan dunia
usaha semakin pesat, persaingan bisnis menuntut suatu usaha memiliki nilai
tersendiri untuk dapat bertahan menjalankan usahanya. Konsep pengemasan dalam
mengkomunikasikan produk atau jasa yang dimiliki menjadi hal paling utama dalam
menarik konsumen. Advertising menjadi
solusi suatu usaha untuk tetap dikenal hingga semakin dikenal para konsumen
maupun calon konsumen. Kinerja advertising
yang profesional dan kreatif sangat membantu mempermudah suatu usaha dalam
mencapai target konsumennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar