Rabu, 06 Mei 2015

We work as a team!

PRODUCT AND SERVICE


Nutcracker memiliki 3 layanan jasa yaitu event organizer (EO), advertising, dan public relations (PR). Dimana ketiga bagian tersebut akan berkontribusi dan bersinergi dalam pengeksekusian sebuah project hingga meraih hasil yang maksimal. Dalam setiap layanannya Nutcracker memiliki penjelasan yang lebih detail yaitu:

1.     Event Organizer

Event organizer adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Pada dasarnya, tugas dari EO ialah membantu klien untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan. Penggunaan jasa bisa jadi karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien atau karena klien percaya bahwa hasil dari penyelenggaraan yang dilakukan EO akan lebih bagus dan memuaskan dalam implementasinya.
Event organizer (EO) merupakan organisasi yang di dalamnya terdapat sekumpulan orang yang memiliki andil dalam menyelenggarakan sebuah acara kreatif dengan fungsi dan peran masing-masing dari perencanaan hingga acara berakhir.
Detail:
-     Memberikan layanan konsultasi dekorasi serta konsep secara menyeluruh untuk membantu klien dalam menemukan solusi secara inovatif.
-       Membuat acara yang dikehendaki klien menjadi menarik dan unik dengan sentuhan keceriaan yang diberikan Nutcracker.
-    Melakukan dekorasi serta implementasi konsep yang telah disepakati saat acara berlangsung.
-            Mewujudkan apa yang digambarkan klien mengenai acara yang akan di selenggarakan secara menyeluruh dengan maksimal.
-              Mengkontrol susunan acara dan seluruh elemen saat acara berlangsung.
-           Memikirkan dan melakukan adaptasi plan B untuk antisipasi segala kemungkinan yang ada sesuai dengan kehendak klien.
-           Menjadi acuan event organizer yang kreatif dan tepat konsep sehingga memuaskan klien.
-   Mengatur perizinan terkait venue dan kelangsungan acara yang dibutuhkan demi kelancaran dan kenyamanan bersama.
Banyaknya permintaan dari perusahaan ataupun perorangan untuk menangani acara saat ini mendorong munculnya beragam lembaga di bidang event organizer. Kemudahaan yang ditawarkan oleh event organizer kini berubah menjadi semacam kebutuhan. Kapan saja sebuah lembaga, perusahaan ataupun personal menginginkan terselenggaranya acara, maka event organizer menjadi solusi yang paling mudah, dengan kata lain kehadirannya sangat mempermudah segala kegiatan. Kinerja event organizer yang profesional tentunya sangat membantu pengguna jasa untuk mewujudkan ide-ide penyelenggaraan event secara kreatif.
Bentuk: Business Strategic Communications, Birthday Party, Halloween Party, Gathering Reunion, Valentine Days, Anniversary, Engagement Day, Wedding Organizer, Seminar Organizer etc.
Ide Dekorasi:
·      Tema Warna: Pada tema ini seluruh komponen dalam acara akan disesuaikan dengan warna yang dipilih oleh klien sebagai tema warna dari dekorasi yang diinginkan.
·      Polkadot/Stripes: Tidak jauh berbeda dengan tema warna, dekorasi acara klien akan dihiasi oleh komponen-komponen yang terpadu dengan motif polkadot ataupun stripes sesuai dengan permintaan.
·      Vintage: Motif yang biasa digambarkan dengan motif bunga-bunga berwarna feminine serta pudar, simple.
·   Retro: Tema didominasi dengan warna terang, gemerlap yang terkombinasi, contoh: dekorasi PopArt
·      Karakter: Memasukan ciri khas karakter terkenal pilihan klien ke dalam dekorasi sehingga terasa seperti melihat karakter terpilih tetapi dalam konteks yang berbeda.
·    Country: Setiap Negara memiliki budaya dan hal-hal menarik yang dapat diterapkan ke dalam sebuah ide dekorasi. Hal tersebut menginspirasi kami untuk dapat mengimplementasikan hal tersebut dengan komponen-komponen acara yang berbau suatu kekhasan Negara yang dipilih klien.

Ilustrasi:
Klien memilih warna pastel sebagai mayor warna pada tiap komponen maka kami akan mendekor acara dengan balon, bendera, taplak atau alas meja yang berwarna merah muda, biru langit, cream dan sebagainya. Kami akan mencarikan dan mendekorasi acara dengan komponen menarik dengan tema tersebut.
Keterangan: ketersediaan komponen dihubungi selanjutnya. (Misal: Balon – Hitam – Polkadot, akan dihubungi secepatnya mengenai stock barang)

2.     Public Relations

Public relations adalah salah satu dari elemen penting dalam kegiatan marketing mix dan lebih spesifik termasuk dalam komponen promotion mix. Bagi seorang pebisnis atau pemilik perusahaan menggunakan strategi promosi campuran pada bagian public relations sangatlah penting dalam membangun citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luas terhadap perusahaan yang bersangkutan. Pengertian public relations secara garis besar adalah strategi perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan publik agar mendapatkan opini yang positif dari masyarakat sekitar.
            Dalam hal ini Nutcracker memberikan jasa pelayanan public relations meliputi pengembangan promosi bisnis melalui beberapa strategi yaitu pengembangan media online, media cetak,  strategi penjualan, hingga branding perusahaan dan produk itu tersendiri. Selain melakukan berbagai pengembangan dari segi media dan berbagai aspek secara nyata, Nutcracker juga turut melakukan riset pasar terhadap produk klien melalui penelitian dan kuisioner yang dibagikan kepada target audiens guna mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan atau ekspektasi klien. Penelitian atau riset ini juga ditujukan untuk menjadi panduan bagi Nutcracker untuk mengambil langkah yang tepat dalam mengambil keputusan pengembangan bisnis.
Nutcracker juga menyadari pentingnya peranan media online dalam kemajuan bisnis pada era modern ini terutama pada perilaku masyarakat yang sangat konsumtif dalam hal media, hal ini tentu menjadi keuntungan yang sangat signifikan dari segi kepentingan promosi bisnis. Perlombaan yang dilakukan secara online dan berbagai ide kreatif dilakukan untuk memajukan penjualan serta branding secara kreatif dan bersifat out of the box guna mendapatkan outcome yang positif dari masyarakat luas dan menjadi pelopor sesuatu hal yang baru dan fresh  di dalam industri bisnis tersebut.


3.     Advertising

Advertising merupakan suatu bentuk komunikasi berbayar dengan tujuan mengajak, membujuk, mempengaruhi, memperkenalkan dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna (konsumen) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.
Advertising (promosi) pada umumnya mencakup nama produk atau layanan serta bagaimana produk dan layanan tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembeli dalam rangka mengajak calon pembeli yang memiliki potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu. Advertising tidak akan pernah lepas dari ide kreatif, karena dari ide ini lah suatu iklan menjadi bernilai dan menarik atau memiliki arti tersendiri di mata masyarakat maupun konsumen. Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep, percetakan serta penempatan iklan, tergantung dari jenis usaha yang dimiliki. 
Detail:
-       Memberikan layanan konsultasi berupa ide design atau konsep periklanan yang kreatif dan inovatif untuk membantu klien dalam mencapai target konsumennya.
-       Mewujudkan apa yang digambarkan klien mengenai design periklanan yang diinginkan dengan maksimal.
-       Menyediakan layanan design media atau alat promosi seperti sticker, pin, poster, flyer, spanduk dan x-banner dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien.
-       Mewujudkan design dari masing-masing media promosi yang dikehendaki klien dengan maksimal.
Perkembangan dunia usaha semakin pesat, persaingan bisnis menuntut suatu usaha memiliki nilai tersendiri untuk dapat bertahan menjalankan usahanya. Konsep pengemasan dalam mengkomunikasikan produk atau jasa yang dimiliki menjadi hal paling utama dalam menarik konsumen. Advertising menjadi solusi suatu usaha untuk tetap dikenal hingga semakin dikenal para konsumen maupun calon konsumen. Kinerja advertising yang profesional dan kreatif sangat membantu mempermudah suatu usaha dalam mencapai target konsumennya.


Getting to know us more!


 

FILOSOFI

Nutcracker, merupakan nama yang terinspirasi dari cerita dongeng klasik sepanjang masa di tahun 1816 yang berjudul “The Nutcracker” oleh Eta Hoffman. Dalam cerita tersebut Nutcracker sendiri merupakan alat pemecah kacang berkulit keras berbentuk boneka, sehingga kami menganalogikan perusahaan kami akan selalu bekerja keras memecahkan masalah yang dihadapi klien dan mengupas lebih dalam secara terperinci dan jelas masalah yang ada, sama seperti Nutcracker yang sangat kuat memecah kacang hingga benar-benar terkupas dengan baik.
Berdasarkan cerita klasik tersebut, kami menganalogikan juga sistem kerja kami seperti boneka Nutcracker yang merupakan komandan boneka prajurit yang hidup dan bisa berubah menjadi seorang pangeran tampan setelah berhasil melawan Raja Tikus dan pasukannya, sama seperti perusahaan kami yang menunjukkan bahwa kesuksesan perusahaan kami (menjelma jadi pangeran) bergantung pada keberhasilan kami dalam penanganan pemecahan masalah yang baik terhadap misi yang diberikan klien serta melambangkan ketegasan dan konsisten dalam menyelesaikan dan memberikan solusi tersebut (bertempur dengan Raja Tikus dan pasukan). Berdasarkan filosofi itulah logo kami menunjukkan gambar boneka Nutcracker yang sedang memecahkan sebuah kacang menggunakan mulutnya.



Greetings to all,

About Us

Nutcracker adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan komunikasi. Nutcracker dibentuk pada tanggal 4 Maret 2015 atas dasar penggabungan rangkaian ide dan gagasan 19 orang mahasiswa/i Universitas Bina Nusantara dengan tujuan perwujudan impian serta cita–cita sebagai sebuah perusahaan konsultan komunikasi yang memiliki kredibilitas dan loyalitas yang tinggi baik dimata klien maupun industri komunikasi secara global. Nutcracker yang terbagi menjadi 3 kelompok kecil dimana memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam penyelesaian tugasnya yaitu bagian event organizer (EO), advertising, dan public realtions (PR). Meskipun terbagi menjadi 3 bagian, namun dalam pengeksekusian sebuah project Nutcracker menerapkan sistem teamwork yang solid dan bersinergi antara satu dan lainnya sehingga akan menghasilkan sebuah hasil yang maksimal.
Modern ini komunikasi adalah aspek yang penting jika dilihat dari berbagai pemahaman. Sebuah wacana yang dalam realitanya memerlukan sebuah keahlian dan pemahaman yang luas tentang proses, profesionalitas, disiplin kerja, kredibilitas yang tinggi serta detail yang sempurna. Nutcracker hadir sebagai sebuah sarana yang membantu konsumen dalam memberikan gambaran jelas dan nyata secara aktual, luas dari berbagai perspektif, fleksibel dan kontekstual untuk memulai sebuah bisnis, melanjutkan bisnis menjadi lebih baik, ataupun pemecahan masalah dari segi komunikasi serta membantu kepentingan di luar bisnis yang membutuhkan komunikasi kreatif, seperti di balik filosofi nama Nutcracker itu sendiri.

Nutcracker berharap dapat membantu bisnis dan kepentingan lainnya dari para konsumen secara inovatif dalam cakupan yang lebih luas dan berguna untuk masa depan. Daya tarik yang unik baik dari segi event organizer, advertising, dan public relations akan membuka banyak peluang di industri manapun yang sedang geluti.

Visi : Menjadi perusahaan jasa konsultan komunikasi yang mampu memberikan manfaat layanan jasa kepada para konsumen secara menguntungkan (benefit), mampu mewujudkan harapan pendiri perusahaan dan karyawan (profit), serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dalam segala aspek kehidupan (integrity).

 Misi :

1.   Menerapkan pola bisnis yang menjunjung tinggi nilai spiritual berdasarkan norma-norma agama, sosial kemasyarakatan dan budaya.
2.     Menerapkan pola pemasaran yang berorientasi sosial, ramah lingkungan, peduli terhadap sesama dan mampu menjadi contoh positif bagi sesama pelaku bisnis maupun masyarakat umum.
3.  Menciptakan produk jasa yang berorientasi pelanggan, dalam rangka memberikan layanan bagi pelanggan, yang sesuai dengan keinginan dan harapan pelanggan.
4.    Menawarkan ide-ide kreatif dan konsep-konsep sederhana yang inovatif namun berkualitas tinggi   kepada para pelanggan serta memberikan solusi pemecahan masalah secara brilliant.
5.  Meningkatkan mutu dan kualitas SDM untuk menjadi konsultan dan peneliti yang mampu memberikan pelayanan jasa terbaik.
6.    Memberikan manfaat banyak secara ekonomi, baik secara khusus kepada unsur internal perusahaan maupun kepada seluruh elemen bangsa Indonesia pada umumnya.
7.   Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan seluruh pihak eksternal perusahaan yang terlibat dalam menjalankan seluruh kegiatan usahanya untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan terbaik.
8.     Menjadi pemimpin pasar dalam bidang industri komunikasi di Indonesia.
9.  Menularkan semangat berwirausaha, khususnya di bidang industri kreatif, kepada seluruh elemen bangsa Indonesia, sehingga pada akhirnya bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri seutuhnya.
10.    Mendukung program pemerintah dalam mengembangkan potensi industri kreatif di Indonesia, sebagai wujud tanggung jawab terhadap kemajuan bangsa dan Negara di masa yang akan datang.